Bantah Telantarkan Pasien Kanker Payudara, Ini Penjelasan RS Fatmawati

Jakarta, Sebuah video tentang pasien terduga kanker payudara Ayu Agustin di media sosial Instagram telah menjadi viral. Perempuan asal Bogor yang saat ini mengalami keparahan kondisi karena pembengkakan dan infeksi di payudaranya dianggap lamban ditangani rumah sakit yang menjadi tempat rujukannya.

Ayu Agustin sudah datang berobat ke Rumah Sakit Umum Pemerintah Fatmawati pada Agustus lalu dan terakhir pada 8 September, menurut keterangan rumah sakit terkait. Kemudian dari keterangan video yang telah diviralkan pemilik akun @fadulazu, pasien Ayu dijadwalkan datang kembali pada 17 Oktober.

Pihak RSUP Fatmawati yang dikonfirmasi detikHealth melalui Direktur Medik Dr dr Chamim, Sp.OG(K), mengatakan bahwa jeda waktu tersebut bukan berarti pasien anggota BPJS tersebut diabaikan. Sementara itu, pasien Ayu ini juga masih harus menjalani rangkaian pemeriksaan sebelum diketahui pasti apakah kondisinya karena kanker dan apa pengobatan yang diperlukan.

“Pasien sudah datang ke rumah sakit tipe A. Itu langkah yang benar. Tapi untuk mendapatkan penanganan harus diperiksa dulu dengan operasi pengambilan jaringan yang disebut biopsi. Karenanya pasien memang harus mengantre. Pasien di sini sangat banyak,” terangnya.

Baca juga: Penjelasan Bupati Bogor soal Ayu, Pengidap Kanker Payudara yang Viral

Diakuinya, layanan rumah sakit pemerintah yang dibawahi oleh Kementerian Kesehatan dan menanggung 99 persen pasien peserta BPJS ini memang belum sebanding dengan jumlah pasien yang datang.

“Setiap harinya, rumah sakit ini melayani tindakan operasi sampai 50 pasien, termasuk untuk biopsi. Fatmawati punya 21 kamar operasi dengan 780 tempat tidur, dan ICU sebanyak 23 yang juga bisa menunjang pasien kanker. Tapi, jumlah pasiennya lebih banyak dari yang bisa ditampung. Bahkan waktu antrean untuk operasi pasien kanker bisa sampai dua tahun. Tapi jangan takut, kita bisa mempercepatnya dengan banyak trik,” paparnya.

Baca juga: Soal Pasien Kanker Payudara yang Viral, RS Fatmawati Angkat Bicara

Dengan demikian, pihak RSUP Fatmawati meminta agar pasien bersabar dengan kondisi tersebut dan tetap mau melanjutkan pemeriksaan sesuai jalur yang tepat.

“Kita sebagai dokter tentu ingin bisa mengobati pasien dengan cepat. Tapi dengan banyaknya pasien, keterbatasan SDM ahli, fasilitas gedung dan alat-alat rumah sakit, membuat dokter harus adil pada semua pasien. Kalau pasien ini baru menunggu sebulan tapi ada pasien lain yang sudah menunggu enam bulan, masa kita dahulukan yang baru sebulan? Tapi, yang jelas, pasien tidak boleh menyerah dan tetap harus melanjutkan pengobatan,” pesannya.

Ayu saat ini dirawat di RSUD Ciawi. Direktur Administrasi RSUD Ciawi Bogor Dr Eulis Wulantari seperti dikutip dari detiknews menyebut, Ayu tengah menjalani prabiopsi untuk menentukan tindakan terapi yang akan akan diberikan.

Baca juga: Ayu Agustin, Penderita Kanker Payudara Masih Dirawat di RSUD Ciawi

(up/up)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *