Wujudkan 5 Kebijakan, Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Berkoordinasi

Jakarta, Menko Maritim Luhut Pandjaitan menegaskan, diperlukan kerja sama yang baik antara Bank Indonesia (BI), pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hal ini dilakukan demi mewujudkan lima hal penting dalam bentuk kebijakan konsisten dan bersinergi dalam rapat koordinasi pemerintah daerah (Rakorpusda). Sehingga, titik keseimbangan ekonomi di Jawa Barat (Jabar) akan merata, baik di bagian utara maupun selatan.

“Kami akan bekerja dengan segala kemampuan yang ada untuk berupaya keras dalam mencegah semua yang menghambat. Planning eksekusi juga harus baik. Infrastruktur di Jabar bagian selatan itu yang akan kita targetkan. Kami akan selesaikan semua masalah, baik izin, jadwal pengerjaan, hingga jadwal pengerjaan,” tutur Luhut, di Intercontinental Bandung, Rabu 27 September 2017.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pun sepakat dengan dilakukannya koordinasi yang kuat antara pusat dan daerah. Dia menuturkan, dengan adanya Rakorpusda ini bakal mempercepat proyek pembangunan di Jabar. Sehingga ekonomi Jabar tidak hanya berkutat di utara saja, melainkan akan bergerak hingga selatan Jabar.

Baca: Gelar Rakorpusda, BI-Pemerintah Bakal Wujudkan Lima Kebijakan

“Kami dari Jabar tentu menyambut cara seperti ini, karena rakor bisa mengungkap berbagai potensi termasuk mengungkap beberapa persoalan dan kemudian ketika ada persoalan, solusinya cepat, laluketika ada potensi ditangkapnya cepat itu yang seharusnya bisa dilakukan. Contohnya, Bandara Kertajati, selama ini ada hambatan, ini kan hambatannya bisa terselesaikan dengan segera,” tutur Ahmad Heryawan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menekankan, ketika infrastruktur terintegrasi di Jabar, maka permasalahan logistik akan terselesaikan dengan baik. Hasilnya, biaya yang dikenakan pengusaha akan lebih ringan.

“‎Pelabuhan Patimban, itu salah satu prioritas. Itu Jepang dan Indonesia, nanti Indonesia yang akan masuk PT Pelindo II (Persero), bagi pemerintah Jepang dan Indonesia sangat penting, kalau Patimban selesai akan bangun. Di sana akan di bangun khusus otomotif port. Makanya sangat penting akan mengurangi permasalahan logistik yang ada di Jabar,” pungkas Airlangga.

(AHL)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *