PDI Perjuangan Akan Buat RS tanpa Kelas

Jakarta, DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) segera membangun rumah sakit tanpa kelas di seluruh wilayah Indonesia. Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning mengungkapkan, pendataan lahan untuk rumah sakit sedang dilakukan.

“Saat ini, kami sudah menginstruksikan seluruh DPD dan DPC PDIP se-Indonesia untuk mempersiapkan lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan RS tanpa kelas itu,” katanya di Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara, Ahad (8/3). Menurutnya, rumah sakit tanpa kelas tersebut akan diberi nama RS Mega Bintang.

“Kita beri nama RS Mega Bintang karena ide pembangunan rumah sakit tanpa kelas ini digagas oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri,” ujarnya. Menurut Ribka, rumah sakit tanpa kelas bisa memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkeadilan.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang mendapatkan jasa pelayanan di rumah sakit tersebut tidak dibeda-bedakan status sosialnya. “Penolakan pasien miskin oleh petugas kesehatan di sejumlah rumah sakit di Indonesia dipicu oleh adanya kelas-kelas dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit,” katanya.

Para dokter dan petugas perawat kesehatan, ia mengungkapkan, lebih memilih melayani pasien di ruang VIP atau kelas I daripada pasien di kelas III atau bangsal. Menurutnya, hal tersebut disebabkan status pasien di VIP yang kaya sehingga tarif jasa pelayanan pun mahal.

“Perilaku dokter dan petugas rumah sakit yang demikian itu, sesungguhnya lebih kejam dari teroris dan merupakan pelanggaran dari sumpah seorang dokter saat dilantik menjadi dokter,” ujarnya. Menurut Ribka, seorang dokter ketika mengucapkan sumpah, berjanji akan lebih mengutamakan keselamatan jiwa pasien di atas segala-galanya.

Meski demikian, saat menjalankan tugas, dokter lebih menghamba pada materi daripada menyelamatkan jiwa pasien. Dokter pun, menurutnya, seolah menyerah pada realita.

“Ironisnya, organisasi perkumpulan dokter yang bernama IDI (Ikatan Dokter Indonesia –Red), ikut membiarkan perilaku dokter yang materialistis itu,” ujarnya.

Ia pun berharap rumah sakit tanpa kelas tersebut dapat menjadi solusi di tengah maraknya komersialiasasi di dunia kesehatan. Sehingga, ia menambahkan, masyarakat memberikan pelayanan kesehatan berkeadilan kepada masyarakat.
n antara ed: a syalaby ichsan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *