Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta: Susah Ngatur Rumah Sakit Swasta

Jakarta – Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto hanya bisa mengelengkan kepala saat menyambangi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (12/9/2017).

“Susah ngatur (rumah sakit)  swasta,” celetuk Koesmedi kepada Warta Kota.

Koesmedi datang bersama Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Weningtyas, dan sejumlah staf lainnya.

Baca: Ibu Debora: Benar-benar Jahat dan Kejam, Nyawa Anak Saya Hanya Selembar Kertas Administrasi

Peninjauan itu terkait kesesuaian keterangan yang telah disampaikan pihak rumah sakit, soal kronologi balita malang Tiara Debora, yang meninggal dunia karena tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dari pihak rumah sakit.

“Sudah disampaikan, kita akan lihat hari ini apakah (keterangan) sesuai dengan yang disampaikan kepada kita kemarin,” ujarnya.

Sebelumnya, Koesmedi mengunjungi kediaman orangtua Tiara Debora yang terletak di Jalan Benda, Kota Tangerang. Tanpa memberikan keterangan panjang lebar, Koesmedi segera memasuki gedung rumah sakit.

Baca: Ini Kesalahan Awal RS Mitra Keluarga Hingga Bayi Debora Meninggal

Dalam pertemuannya itu, Koesmedi mendapatkan keterangan yang berbeda terkait kronologi meninggalnya bayi Debora dari ayah Debora, Rudianto Simanjorang.

“Salah satu faktanya adalah tentang kepesertaan di BPJS. Kemarin mereka (RS) menyatakan awalnya tidak tahu (Debora peserta BPJS),” katanya.

Dari keterangan pers yang disebarkan RS Mitra Keluarga, mereka mengaku baru mengetahui Rudi dan istrinya, Henny Silalahi, sebagai peserta BPJS Kesehatan, setelah menangani Debora.

Baca: Bayi Debora Meninggal, Dirut RS Mitra Keluarga Tanda Tangani Surat Pernyataan di Atas Materai

Sedangkan menurut Rudi, mereka sudah sejak awal memberi tahu bahwa mereka peserta BPJS dan minta Debora segera ditangani untuk masuk ke pediatric intensive care unit (PICU), sesuai rekomendasi RS.

“Memang kami melihat ada sesuatu yang berbeda. Kalau rumah sakit tidak bisa membuktikan, tentunya ada beberapa kesalahan,” ucapnya. (*)

Sumber : Wartakota

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *