BJ Habibie Ajak Rakyat Indonesia Patungan Bikin Pesawat R80

PRESIDEN Ketiga RI BJ Habibie mengajak seluruh rakyat Indonesia ikut patungan mendanai proyek pembuatan pesawat R80. Penggalangan dana ini dilakukan oleh perusahaan perancang dan pengembang peswat terbang, Regio Aviasi Industri melalui kitabisa.com.

Dalam penjelasannya, patungan membeli pesawat ini bukan kali pertama untuk Indonesia. Rakyat Aceh pernah menyumbang untuk membeli pesawat Dakota RI-001. Pesawat itu kemudian menjadi pesawat angkut pertama milik Indonesia.

“Jika dulu patungan membeli pesawat dari luar negeri, saat ini kita berkesempatan patungan untuk pesawat buatan anak negeri,” demikian penjelasan Regio Aviasi Industri.

Peswat R80 sendiri sudah dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional. Hal ini telah dinyatakan pemerintah sejak Juni 2017.

R80 merupakan pesawat murni buatan Indonesia. Dirancang sendiri oleh BJ Habibie dan disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri. Nantinya peswat ini dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia.

PT Regio Aviasi Industri sendiri merupakan perusahaan perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya, Ilham Akbar Habibie.

R80 ini ditujukan sebagai angkutan udara regional di Indonesia dan luar negeri.

Berapa biaya yang diperlukan?

Penggalangan dana ini bukan satu-satunya sumber dana pembuatan R80. Pembuatan purwarupa pesawat R80 membutuhkan dana Rp 200 miliar. Sedangkan eseluruhan biaya untuk pengembangan usahanya mencapai Rp 20 triliun.

Dana tersebut rencananya didapat dari investasi, juga upaya pendanaan yang dilakukan pemerintah melalui BAPPENAS. Melalui penggalangan dana ini, masyarakat bisa ikut menyumbang untuk mewujdukan pesawat R80.

“Crowd funding membuktikan kepada seluruh dunia, khususnya Indonesia, bahwa Rakyat indonesia berkomitmen untuk (membantu) itu. Walaupun hanya Rp 50 ribu, tapi dia ikut. Itu yang penting, komitmen,” kata BJ Habibie.

Menurut dia, pesawat R80 harus dibuat sekarang. Ia khawatir sumber daya manusianya akan habis jika tak segera diselesaikan.

“Kalau kita sudah bisa buat N250 dan R80 terbang, apa saja bisa kita buat,” ujar Habibie.

Ia mengajak semua orang Indonesia, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri, untuk ikut serta menyukseskan proyek pesawat R80.

Beberapa pesohor tanah air telah memberi dukungannya. Salah seorang diantarabta Andien Aisyah. Sampai saat ini, 1.900 orang telah memberikan donasinya. Uang yang terkumpul mencapai lebih dari Rp 570 juta. Penggalangan dana ini masih dibuka hingga 63 hari ke depan.

Apa keuntungannya?

Bagi donatur yang menyumbang minimal Rp 100 ribu, fotonya akan ditampilkan di badan pesawat R80. Jika menyumbang Rp 200 ribu, selain foto yang dipajang juga mendapat kaos. Jika Rp 300 ribu ditambah dengan sebuah hoodie. Dan jika donasi sebesar Rp 700 ribu ditambah dengan jaket bomber exclusive.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *