BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Kepesertaan meningkat 20%.

Jakarta, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan peningkatan kepesertaan sebesar 20% pada tahun depan, termasuk peserta dari generasi milenial.

Upaya itu dilakukan mengingat jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan saat ini masih relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang mencapai 127 juta orang.

“Dari jumlah 127 juta orang angkatan kerja, yang memenuhi syarat atau eligibel sebenarnya sekitar 86 juta orang, di antaranya ada (generasi) milenial. Kami terus mengejar dengan strategi yang dibutuhkan. Seperti kecepatan akses dan akurasi. Untuk itulah, kami mengembangkan aplikasi berbasis digital. Satu aplikasi sudah selesai diimplementasikan yakni Perisai. Semua prosesnya digital, jadi cashless dan paperless,” tutur Direktur Utama BPJS Ketenaga-kerjaan Agus Sutanto di sela-sela seminar tentang BPJS Ketenagakerjaan, di Jakarta, kemarin.

Ia melanjutkan meski program Penggerak Jaminan Sosial (Perisai) masih bersifat proyek percontohan, Agus memastikan sampai akhir tahun pihaknya mampu merekrut 1.200 agen.

Hingga kini, jumlah agen dari program yang baru efektif berjalan pekan lalu itu baru mencapai 27 orang di 10 kota.

Pasalnya, berdasarkan hasil evaluasi, sistem keagenan dapat diterima masyarakat.

Ribuan agen yang direkrut nantinya mendapatkan pendidikan terlebih dulu.

Peranan para agen fokus melakukan sosialisasi, edukasi, serta memberikan pemahaman.

Dengan begitu, diharapkan tingkat literasi masyarakat atas urgensi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kian masif.

Peserta pun bisa melakukan klaim melalui agen, tapi tetap diproses di kantor cabang.

“Para agen nanti akan mendapatkan fee sebesar 7,5% dari iuran yang ter-collect (terkumpul). Misalkan iuran terendah Rp16.800 per orang, lalu agen bisa mengumpulkan peserta 1.000 orang, sebulan sudah ada Rp16,8 juta. Nah itu fee yang diperoleh 7,5%-nya sekitar Rp1,3 juta,” ungkap Agus.(Tes/E-3)

Sumber : http://mediaindonesia.com/news/read/133548/bpjs-ketenagakerjaan-targetkan-kepesertaan-meningkat-20/2017-11-24

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *