Persiapan Valentine, Ini 7 Tempat Wisata yang Punya Simbol Hati

Jakarta – Ingin mengunjungi tempat romantis di hari Valentine? Destinasi wisata ini bisa jadi pilihan, karena terdapat simbol cinta yang bisa jadi latar berfoto bersama pasangan. Udaranya juga adem, ditambah pemandangan alam yang menyenangkan.

1. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berada di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini dibangun di kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman pada ketinggian 1.100 sampai 1.200 meter dari permukaan laut. Awalnya, obyek wisata di kawasan ini hanya air terjun bernama Coban Rais dan bumi perkemahan.

Bangun obyek tambahan yaitu Batu Flower Garden. Lokasinya berada di antara loket masuk dan Air Terjun Coban Rais. Wisatawan harus berjalan kaki sekitar 750 meter untuk mencapai lokasi wisata yang dibilang romantis itu.

Sesuai namanya, Batu Flower Garden menghadirkan berbagai jenis bunga. Ada spot-spot foto yang menghadirkan pemandangan eksotis. Misalnya Flower Hill, di tempat ini wisatawan bisa berfoto di tengah-tengah bunga. Pengunjung juga bisa berpose di atas papan kayu berbentuk lambang cinta dan papan bertuliskan l Love You.

2. Taman Cinta Barusen Hills

Objek wisata di Ciwidey, Bandung, ini tengah hits di kalangan anak muda. Barusen Hills terkenal dengan taman cintanya yang ikonik. Ada pula kolam renang yang terletak di ketinggian.

Taman Cinta di Barusen Hills ini cocok untuk pasangan yang ingin berfoto dengan tema romantis. Bunga warna-warni ditata berbentuk hati. Ada pula jembatan bambu berbentuk hati yang menghadap bukit.

Biaya masuk ke tempat ini Rp 15 ribu per orang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

3. Jembatan Cinta

Wahana ini terletak di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Jembatan Cinta berbentuk hati ini terbuat dari bambu wulung. Lokasinya di tengah sawah dan kebun yang sejuk.

Wisatawan juga bisa menikmati wahana lain seperti rumah pohon, jembatan awan, curug Wana Tirta, outbond, makam Ardi Lawet, bukit Seribu bintang Sendaren, dan seni tradisional khas seperti Dayakan.

4. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta punya lima lambang cinta raksasa yang menarik untuk swafoto. Letaknya di pintu masuk Selecta, gerbang menuju taman bunga, dan di dalam taman. Lambang cinta ini memiliki tinggi lima hingga enam meter.

Lambang cinta itu adalah tanaman merambat yang dibentuk menyerupai hati. Bagian dalam hati itu sengaja dibuat kosong agar wisatawan dapat berfoto di bawahnya. Beberapa pasangan muda gemar berfoto di bawah lambang hati ini.

5. Pantai Bopong

Pantai Bopong menarik bagi kawula muda yang gemar berfoto untuk Instagram. Pengelola membuat jembatan untuk menyeberangi Laguna, diberi nama “Jembatan Hepiii”.

Setelah melewati “Jembatan Hepiii”, pengunjung bisa melihat pantai dari ketinggian melalui gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola di atas gumuk pasir. Di dekatnya ada spot foto berbentuk hati yang bertuliskan “Reflika Love Heppiii”.

Lokasi Pantai Bopong di Kecamatan Puring, Kebumen. Dari pertigaan Kecamatan Puring, pengunjung jalan ke selatan terus sampai ujung.

6. Desa Wisata Pujon Kidul

Di Desa Wisata Pujon Kidul ada Cafe Sawah yang juga hits. Lokasinya di sawah yang sudah dipercantik dengan tanaman hias dan bangku taman. Meski terbilang baru, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Di tengah taman ada ubin berbentuk hati yang dikelilingi tanaman hijau. Desa Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 29 kilometer dari pusat kota dan menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam.

7. Bukit Cinta di NTT

Dari Bukit Cinta, mata bisa menyapu pemandangan di sekelilingnya. Ada bukit, gunung beratap awan, jalan-jalan yang meliuk, serta pantai biru dengan pasir putihnya. Bukit Cinta berada di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Sebuah prasasti bertuliskan “LOVE” berada di puncak bukit. Tangga-tangga beton mengelilinginya. Sepasang patung tangan hinggap di atas huruf O dan V, jari-jari raksasa itu bertemu membentuk gambar hati.

Untuk menjangkau tempat ini, pengunjung di luar Kabupaten Lembata bisa menggunakan pesawat atau kapal laut. Waktu tempuh Lembata dari Kota Kupang, NTT, dengan pesawat sekitar 40 menit. Sedangkan kapal laut 8 jam perjalanan.

Wisatawan bisa merogoh kocek Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu dari Bandara Wunopito Lewoleba (Lembata) dengan menggunakan jasa ojek. Tidak ada angkutan umum sampai ke Bukit Cinta. Selain ojek, wisatawan bisa memilih jasa angkutan travel dengan biaya Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

Sumber : Tempo.co

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *