Ditemukan Situs Bersejarah Zaman Majapahit

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

SATU situs bersejarah diduga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit ditemukan di sebuah tanah kas desa di Dusun Kedung Klinter Desa Kedung Bocok Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Situs bersejarah tersebut pertama kali ditemukan Paiman,73, seorang juru kunci makam dan tukang kebun balai desa setempat. Saat itu Paiman sedang menggali tanah hendak menanam singkong, namun cangkulnya terantuk benda keras.

Setelah digali lagi, ternyata ada tumpukan batu bata berukuran besar. Paiman kemudian melapor ke pihak perangkat desa.

Mendapat laporan adanya temuan situs bersejarah, Kepala Desa Kedung Bocok M Ali Ridho langsung berkordinasi dengan penggiat sejarah Satrio Puser Majapahit (SPM) dan Penggiat Sejarah dan Budaya (PSB) Kabupaten Sidoarjo. Mereka kemudian melakukan penggalian.

Hasilnya ditemukan bangunan berbentuk seperti pondasi sepanjang 21 meter, pada kedalaman 50 centimeter.

Ukuran batu bata yang ditemukan berdiameter 30—20 centimeter dan tebal 10 centimeter. Bangunan berbentuk pondasi dari tumpukan batu-bata berukuran besar ini diduga peninggalan Kerajaan Majapahit.

Mengingat wilayah Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo memang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto hanya dipisah Sungai Brantas.

Kepala Desa M Ali Ridho mengatakan, sebelumnya juga pernah ditemukan benda bersejarah di areal desanya. Di antaranya artefak, miniatur terakota, gerabah jawa, pecahan keramik asing, batu bata kuni, batu dorpal, lumpang dan alu.

Maka atas temuan benda-benda sejarah ini, Ridho berharap dukungan pemerintah kabupaten setempat untuk menggali dan upaya pelestarian.

“Saya ingin banyaknya temuan benda bersejarah di desa ini bisa dijadikan ikon untuk dijadikan tempat wisata bersejarah,” kata Ridho, Rabu(7/2).(OL-3)

Sumber : mediaindonesia.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *