Pemprov DKI Diminta Fokus pada Kesehatan Ibu Hamil dan Anak-anak Korban Banjir

Warga Bidara Cina, Jakarta Timur, membersihkan rumah, Rabu (7/2/2018)
Warga Bidara Cina, Jakarta Timur, membersihkan rumah, Rabu (7/2/2018)(Stanly Ravel)

JAKARTA, – Warga korban banjir di Jalan Tanjung Lengkong, Bidara Cina, Jakarta Timur mendapat bantuan logistik dari Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Indonesia yang datang ke lokasi pada Rabu (7/2/2018) malam.

Ketua IPSM Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, bantuan yang diberikan difokus untuk kebutuhan anak kecil, lansia, dan wanita.

“Di sini banyak ibu hamil dan anak balita bantuanya menyesuaikan kebutuhan mereka,” ucap Giwo kepada beberapa wartawan di lokasi, Rabu (7/2/2018).

Giwo menyampaikan, pihaknya memberikan bantuan berupa popok, selimut, serta beberapa kebutuhan logistik lainnya.

Mengingat banyak ibu dan anak kecil, ia meminta dinas terkait yang memberikan bantuan untuk memprioritaskan kebutuhan mereka.

“Kami meminta dinas terkait untuk memprioritaskan distrubsi bantuan ke sini mengingat banyak warga yang membutuhkan, terutama anak kecil dan ibu hamil,” kata Giwo.

Anak-anak dan perempuan yang jadi korban banjir, menurut Giwo, juga harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Giwo juga sempat berbincang dengan warga yang sedang hamil. Kepada warga itu, ia berpesan untuk memperhatikan kesehatan dan waspada terhadap virus pasca-banjir.

Ia juga meminta pihak Pemprov DKI untuk memperhatikan warga korban banjir dari sisi psikologisnya.

“Selain logistik, warga korban banjir juga perlu pendampingan khusus dari psikolog, karena biasanya ada efek trauna dari musibah ini. Tolong pemerintah juga ikut perhatikan hal ini,” ujarnya.

Banjir luapan Sungai Ciliwung menenggelamkan tujuh RT di Kelurahan Bidara Cina sejak Senin (5/2/2018) sore.

Sekitar 700 warga harus mengungsi yang dibagi ke beberapa titik, yakni Kelurahan Bidara Cina, GOR Otista, dan ruangan karang taruna.

Sumber : megapolitan.kompas.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *