Program ‘Madin Plus’ Gus Ipul – Puti untuk wujudkan guru dan santri mapan

Jakarta – Komitmen pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mengusung visi perubahan berkelanjutan untuk mewujudkan Jawa Timur makmur pada Pilgub Jatim 2018 benar ditepati. Itu terbukti dari sejumlah program yang ditawarkan dan sudah dikerjakan Pemprov Jatim, namun masih butuh penyempurnaan.

Salah satu program yang ‘dilanjutkan’ pasangan yang mendapat nomor urut 2 di Pilgub Jatim itu yaitu kesejahteraan untuk Madrasah Diniyah (Madin). Kini, pasangan Gus Ipul-Puti menyempurnakan program itu dengan sebutan ‘Madin Plus’.

Sebagaimana diketahui, program Bantuan Operasional Daerah (Bosda) Madin itu sudah dikerjakan Pemprov Jawa Timur selama dua priode Pakde Karwo dan Gus Ipul memimpin Jatim. Data yang diterima menyebutkan, sekitar 26.827 madin dengan 1.837.943 Santri dan 900 ribu lebih ustadz yang anggarannya digelontorkan untuk Madin.

Bahkan, sudah 10 ribu lebih ustadz Madin yang dikuliahkan ke jenjang strata satu (S-1) melalui anggaran Bosda yang sudah ratusan miliar digelontorkan setiap tahun Pemprov Jatim bagi ula maupun wustho.

Banyaknya manfaat di antaranya penguatan moralitas serta meminimalisir kesenjangan sosial antara pendidikan formal dan non formal itulah yang menjadikan Gus Ipul-Puti untuk melanjutkan program yang diberi nama ‘Madin Plus’ itu.

Perbedaan dengan program yang sudah dijalankan Pemprov selama ini salah satunya yaitu jangkauan bantuan yang lebih diperluas. “Kami akan memperluas jangkauan penerima ‘Madin Plus’ dan memasukkan bantuan keuangan yang bisa diberikan secara rutin setiap tahun,” kata Gus Ipul, Rabu (14/2).

Bentuk program itu, lanjut Gus Ipul, di antaranya pemberian insentif kepada guru Madin yang lebih besar dari sebelumnya. Bukan hanya itu, lanjutnya, bantuan sarana prasarana yang diberikan berbasis jumlah siswa yang dilayani.

Gus Ipul-Puti Guntur 2018 Merdeka.com
“Kita ingin agar pendidikan Madin semakin mapan dalam memberikan kontribusi bagi meningkatnya kualitas pendidikan agama dan akhlak generasi muda,” harap mantan Ketum GP Ansor itu.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menyatakan, sangat mendukung program Gus Ipul-Puti untuk melanjutkan program Madin yang sudah menjadi salah satu ikon Jawa Timur selama ini.

“Kita tahu Gus Ipul ada di dalam program Madin yang sudah dijalankan, DPR juga sangat mendukung karena program Madin itu sangat bagus di dalamnya ada penguatan ideologi, moralitas dan tata kelola hukum,” ujar Ketua DPRD Jatim itu.

Perlu diketahui, pasangan yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra itu masih membocorkan lima program utama dari 9 program yaitu Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera), Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), dan Madin Plus Berkelanjutan. [hhw]

Sumber : merdeka.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *