Anies Kelamaan Mikir Revitalisasi Trotoar Molor

ANTARA/Wahyu Putro A

Jakarta, Pengerjaan revitalisasi trotoar di kawasan Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, diprediksi tidak rampung hingga perhelatan Asian Games dimulai pada 18 Agustus 2018.

Hingga saat ini, enam bulan menjelang perhelatan olahraga akbar itu se-Asia itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih sibuk berpikir soal desain trotoar yang baru.

Padahal, gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, sudah punya konsep yang jika dijalankan Anies harusnya sudah rampung pada Desember 2017.

Anies mengaku punya konsep berbeda dari pendahulunya. “Memang sudah jadi rancangannya, tapi masih perlu pematangan. Anda tahu persis kan gaya saya? Dimatangkan dulu. Begitu semuanya beres, baru diumumkan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Ia pun sudah meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta untuk mematangkan desain trotoar itu. Anies menargetkan pekerjaan fisik revitalisasi trotoar sudah bisa dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Seperti apa desainnya, Anies enggan menjabarkan lebih lanjut soal rencananya mengubah desain yang sudah dibuat gubernur sebelumnya.

“Yang jelas akan lebih membuat orang bisa berinteraksi, warga bisa merasakan ini sebagai sebuah kota yang ramah bagi pejalan kaki, kota orang yang bekerja, berlalu lintas, dan berjalan semuanya terfasilitasi dengan baik,” jelas Anies.

Sebelum mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2017, Djarot Saiful Hidayat telah menyiapkan konsep final revitalisasi trotoar Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. Trotoar sepanjang 6,6 kilometer di kanan-kiri dua jalan tersebut akan dilebarkan, dari 1,5-5 meter yang ada saat ini menjadi 10-12 meter.

Trotoar model baru itu dirancang tidak hanya menjadi jalur pejalan kaki, tapi juga menjadi tempat interaksi warga. Para pengelola gedung-gedung bertingkat diminta untuk membongkar pagar gedung mereka sehingga bisa digunakan untuk kafe-kafe para pelaku UMKM.

Saat dihubungi di kesempatan terpisah, Asisten Sekretaris Daerah DKI Jakarta Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Gamal Sinurat memprediksi, pada saat Asian Games dimulai, kemungkinan besar progres revitalisasi trotoar baru mencapai 80%.

Dia tidak menampik hal itu bisa mengganggu pejalan kaki. Namun ia menjanjikan proyek itu tidak akan mengganggu kondisi lalu lintas saat Asian Games. (Nic/Ssr/J-1)

Sumber : mediaindonesia.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *