PDI Perjuangan DKI Masih Menunggu Peserta Hak Interpelasi

Jakarta, Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta masih menunggu anggota dewan yang ingin mengajukan hak interpelasi kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno. Hingga saat ini baru dua partai yang mengajukan diri, yakni PDI Perjuangan dan NasDem.

Sekretaris fraksi PDI Perjuangan Dwi Wijayanto Rio Sambodo mengatakan proses pengumpulan tanda tangan terus bergulir. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan proses tersebut akan berakhir.

“Yang sudah tanda tangan ada 15 orang. Tapi prosesnya masih berjalan karena rencananya melibatkan sebagian besar anggota yang lain,” kata Rio saat dihubungi, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Februari 2018.

Rio menyampaikan perpanjangan waktu akan dilakukan berdasarkan permintaan anggota dewan. Setelah nama terkumpul, barulah diserahkan ke Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

“Belum diajukan ke pimpinan karena proses masih berlangsung,” imbuhnya.

Berdasarkan UU MD3 Nomor 17 tahun 2014 Pasal 330, hak interpelasi bisa diusulkan oleh sedikitnya 15 orang anggota DPRD provinsi dan lebih dari satu fraksi untuk DPRD provinsi yang beranggotakan di atas 75 orang. Adapun total keseluruhan kursi anggota DPRD DKI periode 2014-2019 adalah 106 kursi anggota dari 10 partai politik.

Bila dilihat dari persyaratan tersebut, DPRD DKI Jakarta sudah bisa menjalankan hak interpelasi. Pasalnya sudah dua fraksi dan 15 anggota dewan yang mengajukan hak interpelasi.

Sumber : news.metrotvnews.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *