Menkumham Ingatkan “Car Free Day” Harus Bebas Kegiatan Politik

Jakarta, – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengingatkan agar masyarakat tak menggunakan area car free day untuk kegiatan politik seperti kampanye calon tertentu di Pilrpes 2019.

Hal itu diutarakan Yasonna menanggapi adanya aksi intimidasi sejumlah kelompok warga saat car free day di Jakarta, Minggu (29/4/2018). Intimidasi itu dilakukan sekelompok orang berkaus #2019GantiPresiden terhadap beberapa orang berkaus #DiaSibukKerja.

“Gunakan untuk apa saja, tapi jangan gunakan untuk hal-hal seperti itu (kegiatan politik),” kata Yasonna di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Apalagi, Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) telah jelas menyatakan, area car free day harus bebas kegiatan politik. “Ya sudah gunakan saja untuk car free day, enggak usah digunakan untuk soal-soal yang lain (kegiatan politik),” kata Yasonna.

Sebab Yasonna khawatir, akan ada dampak negatif dari kegiatan politik yang dilakukan di car free day. Contohnya seperti adanya upaya intimidasi dari kelompok-kelompok tertentu. “Nanti memancing soal-soal yang tidak baik, implikasinya akan tidak baik, jadi kalau mau olahraga ya olahraga, itu kan car free day,” kata Yasonna.

nasional.kompas.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *