Hilangkan Bau, Kali Item Akan Diberi Sejenis Pewangi

Jakarta – Untuk mengurangi bau yang belum juga hilang meski telah dilakukan penutupan kali dengan kain jaring (waring), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menyemprotkan Kali Item dengan cairan sejenis pewangi. Diharapkan dengan metode ini, bau tidak akan tercium hingga ke Wisma Atlet Kemayoran.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Teguh Hendrawan mengatakan metode ini didapatkan dari tim ahli yang menawarkannya. Rencannaya besok, tim ahli bersama tim dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) akan ke Kali Item untuk mencobanya.

“Besok akan ke lapangan kita akan coba metode ini. Salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau. Dengan bahan cairan mereka punya supaya mengurangi bau di situ,” jelas Teguh di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/7).

Ketika ditanya apakah cairan tersebut sama dengan cairan pewangi, Teguh pun mengiyakan.

Ditanya lebih detail lagi mengenai teknis penyemprotan dan nama cairan pewangi tersebut, Teguh mengaku tidak mengetahuinya. Karena, metode tersebut ditawarkan tim ahli yang telah mempresentasikannya kepaa Pemprov DKI. “Wah saya nggak tahu teknisnya. Mungkin banyak kali (cairannya),” jelasnya.

Rencananya cairan pewangi akan disemprotkan di sekitar Jembatan Marto yang dipasangi waring hitam. Upaya memberi pewangi tersebut akan dilaksanakan selama 1,5 bulan hingga Asian Games digelar.

“Tapi kita fokus yang di Jembatan Marto yang panjang kita pasang jaring tuh, kita fokus di situ dulu, kan 700 meter,” jelas Teguh.

Memang, sejak kondisi Kali Item yang bau ramai dibicarakan, ia mengaku banyak pihak yang datang ke Dinas SDA menawarkan berbagai produk dan metode untuk menjernihkan air kali hingga menghilangkan bau.

“Terus terang saja yang datang ke Dinas SDA banyak yang menawarkan produk-produk bisa menjernihkan, mengurangi bau, menghilangkan bau,” ujarnya.

Dia mengaku optimis berbagai upaya yang dilakukan Pemprov DKI bisa menghilangkan bau yang tercium hingga Wisma Atlet. “Saya optimistis bisa hilang lah. Kita kerja harus optimistis,” tegasnya.

Sumber: BeritaSatu.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *