Aher akan Jadi Wagub DKI, Ini Kata PKS

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mundur dari pendaftaran caleg di Pemilu 2019.

Sekretaris DPW PKS Jabar Abdul Hadi Wijaya membenarkan hal itu.

Abdul mengatakan, ada tugas khusus dari DPP PKS untuk Aher. Namun memang belum ada penjelasan soal tugas barunya.

“Akan ada tugas khusus. (Tugasnya) bisa banyak, bisa sebagai timses atau apa saya belum dapat info. Kita tunggu saja tugas khususnya,” kata Abdul kepada wartawan saat dihubungi, Minggu (12/8/2018).

Beredar kabar Aher akan mengisi posisi wakil gubernur DKI segera kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno. Gerindra, lewat Fadli Zon, menyatakan sepakat kursi wagub DKI yang akan diberikan ke PKS.

“Tentu karena pengusungnya dari Gerindra dan PKS, ya nanti mungkin calon wakil gubernurnya pengganti Pak Sandi itu sesuai kesepakatan dari pengusung itu dari PKS,” kata Fadli Zon di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2018).

Bagi PKS tradisi turun jabatan bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, sejumlah kader PKS melakukan hal itu. Contohnya, Hidayat Nur Wahid dari jabata Ketua MPR periode 2004-2009. Pada tahun 2012 lalu, Hidayat maju sebagai cagub DKI. Dan saat ini dia ‘turun pangkat’ menjadi Wakil Ketua MPR.

Jejak karir Nur Mahmudi juga menarik. Dia pernah menjabat Menteri Kehutanan dan Perkebunan Indonesia periode 1999-2001. Setelah tak lagi jadi menteri, Nur Mahmudi ‘turun pangkat’ jadi wali kota Depok.

Bukan tidak mungkin Aher tour of duty ke Jakarta menggantikan Sandi. Apalagi, Aher pernah sebelum menjabat Gubernur Jawa Barat pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta.

Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *