Tinjau Kesiapan Asian Games, Menkeu Sri Mulyani Cek Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau kesiapan Bea Cukai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Menkeu datang didampungi Ketua INASGOC Erick Thohir.

Keduanya tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 07.30 WIB, Senin (13/8/2018). Selanjutnya Sri Mulyani dan Erick langsung meninjau beberapa titik yang akan dilewati atlet luar negeri saat tiba di Indonesia.

Konter yang didatangi Sri dan Erick di antaranya konter pemeriksaan dokumen imigrasi dan konter karantina. Di lokasi itu Sri sempat bertanya pada petugas soal pengumpulan data.

“Tadi saya tanya secara detail bahwa data mereka sudah masuk di dalam komputer. Kementerian Kesehatan lewat karantina juga akan melihat suhu badan dari pendatang untuk mencegah penyakit menular,” kata Menkeu.

Menurutnya, seluruh kontingen Asian Games yang tiba di Soekarno-Hatta akan dibuatkan jalur khusus. Pemeriksaan dokumen Imigrasi dan barang bawaan tak disamakan dengan penumpang biasa.

“Juga dibuat jalur khusus untuk Asian Games, untuk imigrasi tidak bercampur dengan yang lain. Untuk bea cukai juga ada jalur bea cukai yang khusus. Mereja juga melakukan persiapan untuk meng-clearkan barang-barang yang dibawa,” ujarnya.

Sementara itu Ketua INASGOC Erick Thohir menyebutkan belum ada tembahan anggaran yang diajukan ke Kemenkeu.

Erick menuturkan, awalnya INASGOC megajukan Rp 8,7 triliun tanpa bunga. Dari target sponsor Rp 300 miliar, pihak panitia melebihi target mencapai Rp 850 miliar.

“Alhamdulillah sponsor yang tadinya Rp 300 miliar sekarang kita di Rp 850 miliar,” ujarnya.

Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *