Panglima Perintahkan Prajurit TNI Kirim Daging Kurban ke Daerah Gempa Lombok

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan prajurit TNI mengirim daging kurban untuk masyarakat yang terkena dampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah mengatakan daging hewan kurban diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules A-1320 dan mendarat di Lanud Rembiga, Lombok, Rabu (22/8/2018).

Sabrar menambahkan estimasi total daging yang dikirim untuk warga masyarakat yang terkena dampak gempa bumi di Lombok sebanyak 13 ton.

“Termasuk bantuan dari para Pangdam diserahkan ke Danrem sebanyak 32 ekor,” kata Sabrar lewat keterangan tertulisnya, Rabu (22/8/2018).

Selain daging kurban, ada bantuan logistik lain seberat 1.796 kg terdiri dari, susu, kopi, teh celup, minuman, biskuit, makanan ringan, abon sapi, sambal, sarden, buah koktail, kecap, mi instan dan kain sarung.

“Ada juga 30 unit tenda pleton, penjernih air dan pakaian layak seberat 1.900 kg,” ucap Sabrar.

Setelah tiba, bantuan ini langsung didistribusikan menggunakan berbagai kendaraan agar dapat secapatnya dikonsumsi dan digunakan masyarakat.

Dia mengatakan, rencana distribusi daging menggunakan angkutan udara dengan menggunakan Hely MI-17 ke Pringgabaya Kabupaten Lotim dan Hely Bell ke Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Sementara untuk Lombok Barat, lanjutnya, menggunakan truk dan kendaraan kecil agar kualitas daging tetap bagus dan pengungsi dapat segera menikmati daging tersebut sebagai konsumsi makan malam mereka di pengungsian seperti harapan Panglima TNI.
Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *