William Yani: PTSL Harus Dimanfaatkan Masyarakat Jakarta 

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi A DPRD yang membidani Pemrintahan dan Pertanahan, William Yani mengatakan, permasalahan di masyarakat adalah sengketa tanah yang masih menjadi momok bagi masyarakat. Karena itu, dia meminta masyarakat ikut proaktif terlibat mengawasi masalah pertanahan, sehingga ada solusi berkeadilan dalam perseoalan tersebut.

 

Lanjut Willi, salah satu program Presiden Joko Widodo adalah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dimana program PTSL dilakukan dengan menggelontorkan dana APBN dan APBD,  untuk mengatasi permasalahn pertanahan di Jakarta.

 

“Tidak dinafikan tanah di Jakarta Timur masih banyak tanahnya yang masih girik. Karena itu Pak Jokowi ingin masyarakat status tanahnya jelas. Banyak masyarakat menempati tanah puluhan tahun, tapi status tanahnya tidak jelas ,dan sengketa dengan pihak perusahaan.Ini tidak boleh terjadi sehingga terbentuk PTSL,”ujar Willi, sebagai pembicara kunci dalam diskusi bertajuk “Tanah untuk Rakyat” dalam Milad ke-9 Lembaga Kebangkitan Jakarta (LKJ), yang digelar di Gedung Sangkrini, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (25/8/2018).

 

Willi mengatakan, pengurusan sertifikat tanah di Jakarta terbilang mahal, karenanya program Presiden Jokowi terkait PTSL jangan disia-siakan. Karean itu, dibutuhkan pendampingan kepada masyarakat dalam pengurusan PTSL.

 

“Dengan adanya PTSL dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga masalah sertifikasi tanah tidak terkendala dengan program PTSL,”imbuh Willi.

 

 

Di tempat yang sama, Sekjen LKJ Lukman Hakim mengatakan, masalah pertanahan sekarang ini menjadi fokus perhatian bagi LKJ, dengan menggelar diskusi yang dilaksanakan setiap tanggal 25 setiap bulannya.

“Kami menyebut diskusi itu dengan nama diskusi jigoan. Salah satunya, adalah mengawal program-program pak Jokowi, yakni masalah PTS, atau sertifikasi tanah,”ujar Lukman, yang mantan aktivis GMNI itu.

 

Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *