Jonatan Sabet Medali Emas, Lagu Indonesa Raya Berkumandang di Istora Senayan

JAKARTA – Lagu Indonesia Raya berkumandang di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/2018). Setelah tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyabet medali emas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018. Dalam partai final Jonatan menaklukkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen.

Dalam duel berdurasi 1 jam 10 menit, Jonatan menang rubber game 21-18, 20-22, 21-15.

Kemenangan Jonatan menjadi medali pertama Indonesia dari cabang olahraga bulu tangkis pada Asian Games 2018. Sebelumnya, tim beregu bulutangkis putra Indonesia harus puas meraih medali perak.

Hasil ini pun kian menegaskan dominasi Jonatan atas Chou. Dari lima pertemuan yang sudah terjadi, Jonatan selalu menjadi mimpi buruk bagi Chou. Tidak pernah menang menghadapi Jonatan.

Dengan kemenangan ini, sekaligus memastikan Indonesia meraih satu medali emas dan satu perunggu dari cabang bulu tangkis, dengan total 23 medali emas, 15 perak dan 27 perunggu. Dengan perolehan emas tersebut, Indonesia bertengger di peringkat keempat.

Di sektor ganda putra juga sudah dipastikan meraih medali emas karena terjadi all-Indonesian final antara Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jonatan menjadi pemain tunggal pertama Indonesia yang menyabet emas sejak Taufik Hidayat melakukannya pada Asian Games 2006. Ini juga menjadi emas ketujuh Indonesia dari sektor tunggal putra dalam sejarah Asian Games, sejajar dengan torehan raksasa bulu tangkis dunia, China.

Sementara itu bagi Chou, yang di semifinal menang atas Anthony Sinisuka Ginting, hasil ini menempatkan dia sebagai pemain kedua asal Taiwan yang meraih medali Asian Games dari sektor tunggal putra atau putri. Sebelumnya, Taiwan membuat sejarah meraih medali pertama ketika Tai Tzu Ying menyabet perunggu Asian Games 2014.
Penulis: Ralian

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *