BPS: Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia di Masa Jokowi Meningkat

JAKARTA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada 2014 menjadi 70,69 pada 2017 dengan skala 0 –100.

Artinya, tiga tahun masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo indeks bahagia orang Indonesia mengalami peningkatan.

Indeks kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi yaitu kepuasan hidup yang memiliki kontribusi terbesar sebanyak 35%, perasaan 31%, dan makna hidup 34%.

Berdasarkan laporan ini, BPS menyebut, dimensi keharmonisan keluarga dengan indikator kepuasan hidup sosial memiliki nilai dan pengaruh yang paling tinggi dalam kebahagiaan seseorang yaitu sebesar 80,05.

Hal ini sejalan dengan temuan dari salah satu studi terpanjang selama 75 tahun dan terlengkap yang pernah ada, Harvard Study of Adult Development, yang menyatakan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Menanggapi data BPS tersebut, psikolog sekaligus presenter televisi Intan Erlita mengatakan bahwa masyarakat Indonesia saat ini memang berubah lebih bahagia.

“Orang-orang Indonesia memang sekarang sudah happy ya,” ujarnya dalam suatu dialog, Kamis (30/8/2018).

Intan menjelaskan, Indeks itu naik sudah pasti, karena banyaknya fasilitas yang tersedia bagi keluarga Indonesia untuk memiliki quality time yang nyaman.

Intan menuturkan bahwa pemerintah maupun pihak swasta banyak memberikan fasilitas yang baik kepada masyarakat. Contoh fasilitas yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan quality time masyarakat Indonesia salah satunya adalah Car Free Day.
Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *