Dukung Hangzhou Jadi Tuan Rumah, Miliuner Jack Ma akan Hadir Penutupan Asian Games 2018 

JAKARTA – Penutupan Asian Games 2018 pada tanggal 2 September mendatang bakal dihadari tamu-tamu penting, salah satunya Jack Ma, salah satu orang terkaya di dunia akan hadir di stadion Gelora Bung Karno.
Jack Ma, pendiri Alibaba, raksasa e-commerce dunia. Dia dirilis majalah Forbes memiliki harta sekitar USD 38,7 miliar, hampir Rp 570 triliun.

“Kami dapat mengonfirmasikan bahwa Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma akan hadir pada acara penutupan Asian Games,” ujar juru bicara Alibaba Group, baru-baru ini.

Kehadiran Jack Ma merupakan bentuk apreasiasi Alibaba Group atas Asian Games 2018. Selain itu menjadi bentuk dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, China.

Jack Ma lahir dan besar di Hangzhou. Markas besar Alibaba pun berada di kota yang terkenal akan danaunya itu. Jack Ma menjalani masa kanak-kanak dalam kemiskinan.

Jack Ma lahir di Hangzhou pada 10 September 1964 atau 54 tahun lampau. Dia punya seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ma tumbuh pada zaman China terisolasi karena komunisme dan keluarganya tak punya banyak uang.

Seperti kebanyakan orang tua di China, ayah ibu Ma mendidiknya dengan keras, tak jarang dengan pukulan. Tapi Ma mengaku menikmati masa kecilnya.

Di sekolah, Ma meski badannya kecil suka berkelahi dengan teman sekelasnya. “Aku tak pernah takut melawan orang yang lebih besar,” kata dia.

Sejak kecil, Ma sudah suka belajar. Ia punya minat besar belajar bahasa Inggris. Pada usia 12 tahun, dia selalu bangun pagi pada pukul lima untuk pergi ke hotel sehingga bisa praktik bicara bahasa Inggris dengan orang asing.
Dia terus melakukan itu selama 9 tahun dan akhirnya menjadi pemandu wisata para turis. Ia berkawan dengan banyak orang asing dan bahkan pernah mengunjungi sebuah keluarga di Australia. Nama Jack sendiri adalah panggilan untuknya dari para turis.

Tempaan masa kecil yang keras di Hangzhou itu mungkin turut berperan membentuk Jack Ma menjadi pribadi yang tangguh. Hingga akhirnya ia sukses luar biasa membesarkan Alibaba. Dari orang yang tidak siapa-siapa, kini Jack Ma menjadi salah satu orang tajir sejagat. Yang membuat dirinya tajir, salah satunya reformasi ekonomi Deng Xioping membuat dia mempunyai kesempatan kaya.

Tentunya, yang membuat Jack sekarang ini adalah kerja keras yang ditekuni sejak usia dini. Asian Games 2018, menjadi momen yang tak terlupan bagi Indonesia. Dikunjungi orang terkaya, selain itu kontingen Indonesia berhasil memecahkan target perolehan medali emas. Dari 16 medali emas, kini Indonesia telah meraup 30 medali emas.
Penulis: Ralian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *