Mantan Ketua PWI Sofyan Lubis akan Dimakamkan di TMP Pahlawan Siang Ini

JAKARTA – Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Sofyan Lubis meninggal dunia dalam usia 77 tahun pada Minggu (2/9/2018).

Sofyan wafat di RS Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta Utara sekitar pukul 16.00 WIB. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jl Ketuk Tilu R 37, Kelapa Gading.

Sofyan lahir pada 22 November 1941 di Tanjung Morawa, Sumatera Utara. Selain menjadi Ketua PWI Pusat, Sofyan pernah memimpin PWI Jaya dan menjadi anggota DPR/MPR periode 1993-2003.

Sofyan juga merupakan mantan Pemimpin Umum Harian Umum Pos Kota. Dia berkecimpung di dunia kewartawanan sejak 1962 dan merupakan alumni International Institute for Journalism (IIJ) Berlin, Jerman, pada 1972.

 

Wartawan senior Parni Hadi mengatakan, Sofyan adalah seorang muslim yang tawadhu.

“Bung Sofyan Lubis baik hati. Orang Batak yang santun dan muslim yang tawadhu,” kata Parni Hadi dalam pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Selama Sofyan menjabat sebagai Ketua Umum PWI periode 1993-1998, Parni mengaku tidak pernah berselisih paham meskipun masing-masing memiliki latar belakang yang berbeda antara satu sama lain.

“Waktu itu, saya sebagai Sekjen PWI dan beliau (Sofyan Lubis) sebagai Ketua Umum PWI, kami tidak pernah bentrok walaupun latar belakang berbeda-beda,” ujar Parni.

Sebaliknya, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi LKBN ANTARA periode 1998-2000 itu juga mengakui, ibarat rel kereta api, dia selalu berada dalam satu jalur rel yang sama untuk mencapai satu tujuan bersama dengan Sofyan.

Sofyan bangga menyebut dirinya wartawan tujuh zaman, di era Presiden Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, KH Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Bukan hanya kebanggaan dia eksis tujuh pemerintahan saja. Tetapi bisa berbicara dan bersalaman langsung dengan para orang nomor satu di Indonesia itu.

Selama karirnya di PWI. Sofyan pernah menyatakan posisi PWI sangat sulit.Pada 21 Juni 1994, adalah tiga perusahaan pers SIUPPnya dicabut. Terlebih Sofyan sangat kenal dengan Menteri Penerangan Harmoko, yang juga mantan Ketua Umum PWI.

Rencananya, Sofyan yang juga mantan Pemimpin Umum Suratkabar harian Poskota akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.00 Wib.

“Rest in peace, Bung Sofyan. Semoga husnul khotimah. Amien,” kata Parni.

Penulis: Ralian

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *