Erick Thohir Dipilih Jabat Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf Amin akan Memperkokoh Kepercayaan Pengusaha

JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto mengatakan, ditunjuknya pengusaha Erick Thohir sebagai ketua tim kampanye nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinilai memiliki dampak positif.

Salah satunya, kehadiran Erick sebagai ketua Timses Jokowi-Ma’ruf Amin adalah memperkokoh kepercayaan pengusaha.

“Selain itu, Erick juga punya jaringan yang luas bukan hanya domestik, tapi juga hingga internasional yang melibatkan generasi milenial,” kata
Gun Gun, kepada wartawan, Sabtu (8/9/2018).

Menurut Gun Gun, Erick yang baru saja sukses menjadi ketua penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, punya kemampuan manajerial yang baik dalam mengelola tim kampanye Jokowi-Ma’ruf.

Selain Asian Games 2018, hal itu terbukti dari kesuksesan Erick mengembangkan bisnis di berbagai sektor industri.

Meski demikian, Gun Gun mengatakan Erick bukan aktor politik. Sehingga harus belajar mengelola soliditas sembilan parpol pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf, yang memiliki kepentingan politik berbeda.

Ditunjuknya Erick sebagai ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf tentu juga sudah diantisipasi rival. “Saya kira ini aksi-reaksi saja. Kubu Prabowo-Sandi juga jangan kemudian diremehkan. Apalagi Djoko Santoso juga punya kemampuan dalam kepemimpinan secara hierarkis. Mereka juga pasti sudah antisipasi penunjukan Erick Thohir,” tandasnya.

Dipilihnya Erick, bakal calon Presiden Joko Widodo tak mempermasalahkan minimnya pengalaman Erick di bidang politik. Jokowi membutuhkan kemampuan manajemen Erick yang telah teruji sebagai pengusaha.

“Ini bukan urusan berpolitik ini urusan manajemen,” kata Jokowi di Rumah Cemara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat, (6/9/2018).

Jokowi ingin Erick mengelola tim kampanye dengan kemampuan manajemennya. Sehingga, kampanye bisa berjalan dengan baik.

Selain Erick, Jokowi juga menunjuk Jusuf Kalla sebagai ketua dewan pengarah. Pengalaman panjang JK di bidang politik sudah membuat Jokowi percaya diri.

Jokowi mengaku telah lama membicarakan hal ini dengan Erick. Penunjukan ini tak dilakukan secara tiba-tiba.

Semenatara itu, Erick mengatakan, dirinya baru tahu dipercaya sebagai ketua timses pemenangan sekitar pukul 14.00. Erick menuturkan, dirinya bersedia didapuk menjabat ketua Timses pemenangan Jokowi-JK karena rekam jejak Jokowi.

“Saya melihat bukan visi dan misi,tapi track record (rekam jejak) pak Jokowi yang harus diperkenalkan kepada masyarakat,”ujar Erick dalam keterangan persnya, di posko kubu Jokowi-Ma’ruf di Jalan Cemara (Posko Cemara), Menteng, Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Erick mengatakan, dalam pilpres 2019 nanti bukan persaingan, namun lebih pada masalah kecintaan dan kepedulian terhadap Indonesia.

“Kalau kita cinta Indonesia maka kita bukan bersaing, tapi kita bersahabat. Kalau pak Jokowi dan Prabowo berpelukan maka saya dan Sandi akan berpelukan di lapangan basket,”ujar Erick berseloroh.

Penulis:Enryo

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *